Monday, June 20, 2011

Aksi Paling Nakal di Perpustakaan Indonesia

BAGI Anda yang dikaruniai konsentrasi bagus, tentu tidak jadi soal bila pengunjung lain di perpustakaan tempat Anda belajar, berisik tak karuan. Mungkin Anda tetap meneruskan membaca buku sampai habis, Anda dapat mencerna materi bacaan, Anda dapat maksimal menyerap semua ilmu yang Anda pelajari.

Sayangnya semua orang tidak dikaruniai kelebihan seperti itu. Sebagian orang butuh ketenangan tingkat tinggi untuk berkonsentrasi saat belajar di perpustakaan. Misalnya, mereka yang tengah mengerjakan skripsi, tesis atau menghadapi ujian akhir semester.

Saturday, June 11, 2011

Strategi Marketing Media Online Menyasar Mahasiswa

SAAT INI sirkulasi surat kabar di Tanah Air mengalami penurunan semua. Kehadiran media online telah membawa perubahan yang nyata.

Soal penurunan sirkulasi surat kabar, investor jenius, Warren Buffett, dalam buku Introduction to Mass Communication: Media Literacy & Culture (2010 : 150) sampai menyebut,  “pembaca surat kabar berjalan menuju pemakaman.”

Friday, June 10, 2011

Marketing Artis Baru di Era New Media

SEORANG penyanyi pop ingin terjun ke industri musik nasional. Tapi, kita tahu semua bahwa industri permusikan saat ini sangat kompetitif. Banyak orang ingin mendapatkan keuntungan dari musik.

Sekarang, diproyeksikan kepada diri Anda. Anda diandaikan sebagai seorang pemasar di perusahaan label musik, kebetulan perusahaan ini masih kecil. Anda tahu, penyanyi muda ini memiliki potensi besar untuk dipasarkan. Namun, Anda tidak memiliki anggaran yang besar untuk itu. Apa yang bisa Anda usulkan dalam strategi pemasaran?

Kira-kira seperti itu pertanyaan seorang pengajar di universitas saya.

Tuesday, June 7, 2011

Cerita di Balik Peti Mati & Strategi Marketing Era New Media

APA yang dilakukan Sumardy, seorang CEO Buzz & Co ini, cukup menarik untuk dicermati. Guna mempromosikan karya bukunya yang berjudul Rest In Peace Advertising : The Word of Mouth Advertising, dikirimilah sejumlah media online dan TV peti mati lengkap dengan tulisan R.I.P dan taburan bunga. Lalu ditulis nama website perusahaannya, "www.restinpeacesoon.com" plus kode nomor.

Heboh, sudah tentu itu! Apa respon yang akan muncul di media massa, terutama online, dan sebagian masyarakat juga mudah ditebak. Mereka tersita perhatiannya pada aksi yang tergolong edan yang dilakukan oleh Sumardy ini.