Monday, February 6, 2012

Australia Dukung RI Capai Tujuan Pembangunan Milenium

TINGGAL tiga tahun sebelum tenggat waktu Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs), Pemerintah Indonesia, dengan dukungan Australia, fokus kepada pencapaian target di seluruh Nusantara. Pemerintah Australia, melalui program bantuannya AusAID, sangat mendukung Indonesia dalam mencapai Tujuan Pembangunan Milenium dengan menjadi mitra pembangunan terbesar bagi Indonesia.

Sebagai bagian dari komitmen ini, AusAID menjadi sponsor acara MDGs Awards 2011 dan turut berpartisipasi dalam pameran yang menampilkan berbagai pencapaian MDGs yang diadakan di Balai Kartini Convention Centre pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2012.

Indonesia MDGs Awards 2011 merupakan penghargaan yang mengapresiasi individu-individu dan organisasi-organisasi yang memberikan kontribusi besar terhadap pencapaian target tersebut. Penghargaan ini diharapkan menginsipirasi upaya-upaya penanganan kemiskinan dan berbagai tantangan pembangunan di Indonesia.

“Indonesia telah melakukan kemajuan besar untuk membantu masyarakat miskin dengan meningkatkan pendapatan dan akses terhadap pangan, memastikan anak-anak bersekolah, mendukung perempuan dan membuat persalinan lebih aman. Namun masih banyak yang perlu dikerjakan,” ujar Jacqui De Lacy, Pimpinan AusAID Indonesia.

“Dengan mengapresiasi mereka yang telah membuat perubahan, kita mengajak masyarakat Indonesia yang lain untuk ikut mempercepat upaya pencapaian MDGs termasuk meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS dan melestarikan lingkungan,” tambah Jacqui De Lacy dalam siaran pers yang dikeluarkan Kedutaan Besar Australia di Indonesia.

Pameran yang dibuka untuk umum ini akan memamerkan upaya-upaya yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintah, mitra pembangunan internasional, sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat nasional dan internasional dalam mencapai MDGs.

Indonesia MDGs Awards 2011 diselenggarakan oleh Kantor Utusan Khusus Presiden untuk MDGs dan bekerjasama dengan Metro TV.

Australia mengalokasikan dana hibah sekitar A$558.1 juta untuk program pembangunan Indonesia di tahun anggaran 2011-12. Program-program bantuan dari AusAID telah memberikan ruang belajar bagi lebih dari 330.000 siswa, melatih lebih dari 5.000 pekerja kesehatan dan telah memberikan akses jaringan air bersih dan sanitasi kepada sekitar 350.000 warga Indonesia.

No comments: