Saturday, April 5, 2008

Ilmu

Josephine mendaftar kursus bahasa Prancis di CCF Salemba. Aku menemaninya dan kuperhatikan bagaimana dia menanggapi rencana belajar bahasa ini. Yah, ini kemajuan luar biasa. Patut mendapat penghargaan. Orang yang ingin maju. Punya pikiran modern.

Setelah, mendaftar kami duduk ngobrol di kafe CCF. Di sana kami memperhatikan lingkungan sekitar. Menaksir-naksir. Menilai dan menertawakan. Sungguh ini tempat yang bagus dari beberapa sudut pandang.

Remaja-remaja dengan wajah cerah datang ke tempat ini untuk mendaftar belajar bahasa Prancis. Mungkin, mereka itu masih seusiaku ketika masih SMP. oh, Tuhan. Ketika aku menginjak usia segitu, aku tidak pernah berpikir untuk kerja keras mengembangkan diri dan maju.

Aku sadar, betapa kekurangannya aku pada waktu itu. Jangankan memikirkan untuk kursus bahasa asing. Untuk membeli buku-buku menarik pun tidak terpikir pada saat itu. Aku tinggal di kampung dan lingkunganku tidak seperti di Jakarta ini. Kalau di Jakarta, orang menginjak remaja sudah berpikir untuk berkompetisi.

Sedangkan, ketika jamanku dulu, orang hanya berkompetisi untuk menyenangkan hati orang tua. Membantu bertani, memelihara hewan di rumah. Gotong royong bersama tetangga. Sebab, kalau tidak seperti itu, lingkungan akan mengecapku sebagai pemalas dan tidak bertetangga. Sungguh. Itu pengalaman luar biasa.

Ini, sekarang akudi CCF. Tempat yang dulu tidak pernah terbayangkan dalam pikiranku. Dan kini aku menyadari betul, betapa kekurangannya aku.

Ini membuatku bersemangat. Aku mesti maju.. Dan Josephine sudah memulai dan bahkan dia sudah di tengah perjalanannya. ya Tuhan.. Aku baru sampai di sini..

No comments: