Saturday, June 30, 2012

Ini Dia Pemenang Kompetisi Fotografi "Pilkada Dalam Bidikan Lensa"

(foto: ajipadang)
DARI sekitar 100 karya foto  yang mengikuti kompetisi fotografi bertema "Pilkada Dalam Bidikan Lensa," panitia telah memilih tiga pemenang. Pengumuman pemenang lomba yang diselenggarakan AusAID dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia ini dilaksanakan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, hari ini (Sabtu 30/6/2012).

Ketiga pemenang tersebut, yakni Hairul dari koran Radar Bangka dengan karyanya yang berjudul Pemilih Penca. Ia menjadi pemenang I. Sedangkan pemenang II adalah Rasdian A. Vadin dari koran Jurnal Nasional dengan karya berjudul Mencuri Start. Selanjutnya pemenang III ialah Heru Haryono dari media okezone.com dengan karya DPS Fiktif. Para pemenang menyatakan sangat bangga karyanya mendapatkan apresiasi.


Sekretaris Jenderal AJI Indonesia, Suwarjono, mengapresiasi semangat kompetisi fotografi ini. Ia berharap kegiatan ini meningkatkan partisipasi publik dalam pemilihan umum kepala daerah. "Kami berharap masyarakat menjadi tahu proses pemilihan umum kepala daerah. Termasuk janji-janji para kandidat sehingga kelak mereka dapat menagih janji itu," katanya.

Usai pengumuman kompetisi, karya-karya tersebut dipamerkan di Stasiun Gambir selama enam hari di Stasiun KA Gambir, mulai hari ini.

Suwarjono mengatakan lokasi pameran memang sengaja di lobi Stasiun Gambir. Dengan bertempat di ruang publik ini, diharapkan pesan karya foto itu tersampaikan. "Sehari orang yang hilir mudik di sini sampai 200 ribu orang. Semoga mereka membaca pesan foto ini," kata Suwarjono.

Dalam siaran pers, pemegang jabatan sementara pimpinan AusAID Indonesia, Mat Kimberley, mengatakan pameran fotografi ini menyoroti proses pemilihan umum yang dinamis di Indonesia, Australia bangga dapat mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mempertahankan partisipsi pemilih yang tinggi.

"Partisipasi pemilih sangat penting bagi Negara demokrasi manapun. Dengan pemikiran ini, kami mendorong warga Jakarta agar mau memberikan suara untuk kategori foto favorit yang dapat dilakukan di bilik pemungutan suara di Stasiun Gambir," tambah Kimberley.

No comments: