Friday, September 11, 2009

Kesendirian

Aku berpikir momentum terbaik untuk meningkatkan hidupku di dunia ialah ketika sedang sendiri. Ketika sadar sedang menyendiri dibalik hiruk pikuk manusia, aku menemukan kebebasan. Bebas untuk berpikir. Berpikir tentang apapun yang sudah kucapai, sedang kucapai, dan apa yang sedang ingin kucapai.

Sendirian berarti aku bebas menempatkan posisiku. Apakah aku berfungsi sebagai manusia ataukah sama sekali tidak mampu berfungsi. Aku juga bebas menilai bagaimana pencapaian kehidupanku selama ini. Aku benar-benar dalam situasi bebas untuk apakah membuang masa lalu atau tidak.

Dalam kesendirian itu, aku bebas menentukan bagaimana posisiku sebagai manusia di sekarang atau masa depan. Aku juga bebas untuk malas. Karena malas adalah hakku. Malas untuk meningkatkan kualitasku posisi hidupku sekarang atau masa depan.

Tentu saja hal yang paling menarik ialah ketika aku sadar bahwa aku harus merancang masa depanku. Masa depan yang tidak sebatas hidup hidupan. Tidak sekedar mengalir seperti air sungai. Tetapi punya sikap hidup yang tegas.

Menyendiri itu nikmat sekali. Senikmat orang-orang yang berdiskusi sambil minum kopi di sebuah kafe. Aku dapat mengekpresikan jiwaku sesuai kehendakku. Kehedak untuk mengarahkan bagaimana bersikap dan bertindak.

Melalui sendirian, aku dapat melenyapkan orang lain dari kehidupanku. Dan tinggalah aku sendiri dalam dunia ini. Dunia dimana tidak ada lagi campur tangan orang lain. Tanpa mata orang lain. Tanpa suara orang lain. Tanpa penilaian-penilaian orang lain.

Atau sebaliknya, aku bisa menghadirkan orang lain dalam kehidupanku. Dan dapat menulis tentang mereka sekehendak hatiku. Karena sendirian adalah kebebasan, maka aku bisa membentuk orang lain, mempermainkan orang lain, dalam imajinasiku.
Sendiri dalam konteks kebebasan pribadi adalah kesempatan yang paling mahal dalam kehidupan di Jakarta.

1 comment:

al_lail said...

Aku setuju, Sis. Makanya kemaren sempat kaget karena pas rapat tentang penilaian peserta training, sikap penyendiri masuk dalam nilai minus.