Wednesday, November 23, 2011

Nyanyi Bareng Sambel Goank, Nyok...

Bosan banjir, berdaya bareng-bareng
Kesel ame macet, berdaya bareng-bareng
Air kudu bersih, berdaya bareng-bareng
Udara seger, berdaya bareng-bareng

Itu adalah lirik lagu berjudul ‘Berdaya Bareng-bareng’ yang mampu membikin suasana syukuran Rumah Faisal-Biem di  Jalan Tebet Barat 1/26, Jakarta Selatan, pada Senin, 21 November 2011 malam lalu, gembira ria.  Pasti ingin tahu siapa yang menciptakannya, kan? Yang menciptakannya tak lain adalah temen-temen dari kelompok musik Sambel Goank dengan dukungan ide Biem Benjamin, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ceritanye, lagu ini dibikin awal Oktober 2011 lalu. Dan untuk pertama kalinya dibawakan temen-temen Sambel Goank ketika Faisal Basri dan Biem mendeklarasikan diri maju menjadi pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 di Gedung Joang, Cikini, Jakarta Pusat, 7 Oktober 2011.

Gagasan penciptaan lagu ini diselaraskan dengan slogan kampanye Faisal-Biem, yakni Berdaya Bareng-Bareng untuk membangun Jakarta lebih baik.  “Jadi dari slogan itu, kita kembangin aja dengan melihat keadaan Jakarta yang kayak sekarang,” kata Joro, salah satu pentolan Sambel Goank.

Menurut Joro, lagu ini ditujukan untuk mengajak seluruh warga Jakarta memilih Faisal-Biem yang memilih maju melalui jalur non partai politik pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012 mendatang.  Kedua tokoh masyarakat ini layak didukung bareng-bareng karena keduanya memiliki visi dan misi yang bagus untuk pembangunan Jakarta.

“Apalagi, disaat masyarakat juga udah pada bosen dengan janji-janji partai dan saat sosok ini maju dengan jalur independen,” kata Joro yang memelihara rambutnya sampai panjang itu.

Joro menilai sebenarnya pengelolaan Jakarta pada saat ini sudah lumayan bagus, namun masih banyak yang harus dibenahi lagi secara tepat. “Karena kekurangannya masih banyak, ya  macet, ya banjir juga,” kata Joro.

Lebih lanjut Joro mengatakan pemimpin Jakarta sekarang ini sebetulnya juga bukannya tidak bisa memperbaiki Jakarta, namun menurut dugaan Joro, si pemimpin tidak dapat fokus karena terlalu banyak campur tangan partai yang dulu mengusungnya. 

Oleh karena itu, Joro yakin, bila Jakarta dipimpin oleh tokoh yang berasal dari luar partai politik, akan jauh lebih bisa konsentrasi membangun Jakarta.

"Makanye, kita dukung full 100 persen dan nyok semua warga Jakarta mari kita dukung Bang Faisal ame Bang Biem,” kata Joro. “Moga-moga Jakarta akan lebih bagus dari yang sekarang. Kita arepannye seperti itu.”

Siapa Sambel Goank?

Tentu ada yang penasaran dengan nama grup ini. Kenapa diberi nama Sambel Goank. Ingin tahu? Rupanya namanya memang sengaja diserap dari makanan tradisional di daerah pinggiran Betawi. Kira-kira begini, menyambal dengan hanya menggunakan cabe ijo campur garam saja. “Tapi, rasanya super wah. Manteplah pokoknya,” kata Joro.

Sebelum band ini terbentuk, sejarahnya panjang dan berliku. Awalnya lima orang. Mereka semua berasal dari anggota Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). Singkat cerita, pada tahun 2005, mereka sepakat menamai band-nya Sambel Goank.

Seiring dengan perjalanan waktu, personelnya bertambah. Sekarang menjadi tujuh orang.  Mereka adalah Joro (vocal), Ivan (biola), Darwin (perkusi), Naldi (bass), Ubay (gitar), David (ukulele), dan Sandro (drum).

Ada satu yang menarik dari kelompok ini, mereka memang menguasai berbagai lagu-lagu populer, tapi mereka konsisten berkiblat pada lagu-lagu dari seniman sohor Betawi, Benyamin Sueb, bapak dari Biem Benjamin, sampai saat ini.

“Sambel Goank memang tujuannya mau melestarikan salah satu budaya Indonesia, yang sekarang hampir dilupakan generasi muda. Lewat lagu-lagu Betawi, khususnya dari bang Bens,” kata Joro.

Sejak 'garis' musiknya jelas, yakni mengangkat budaya Betawi, grup band ini pun makin beken saja. Bahkan, teman-teman itu sampai berkali-kali menyabet juara dari satu festival ke festival lainnya. Misalnya, Juara 2 Piala Bens Radio (2006), Juara 1 Piala Walikota Jakarta Selatan (2006), Juara 1 Piala Persatuan Artis Komedi Seluruh Indonesia di Gajah Mada Plaza (2007).

Joro dan kawan-kawan juga pernah diundang menjadi Home Band pada program acara “Asal Gobleg” di stasiun JakTV pada 2009. “Dan sampai sekarang, kita selalu dilibatin bila Bens Radio punya acara seni seperti Haul Bang Bens, Ultah Bens Radio, ngisi acara Pekan Raya Jakarta 2010-2011,” kata Joro.

Yang menarik lagi, mungkin karena sudah pada jago, mereka tidak terlalu butuh tempat bagus untuk berlatih music. “Kita latihannya di tempat nongkrong kita. Dimana aja kita kumpul ya disitu kita latihan,” ujar Joro.

Nah, dimana sih markas Sambel Goank? Markasnya untuk sementara ini ada di Jalan Joyo Martono 20, Margayahu, samping BTC, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Ah cerita mulu nih. Nyok nyanyi dulu nyok…

Bang Faisal calon gubernur sama bang biem calon wakil gubernur
Kite dukung ey, bareng bareng
Jakarta berdaya bareng-bareng
Faisal-Biem, calon gubernur
Faisal-biem, berdaya bareng-
Bosan banjir, berdaya bareng-bareng
Kesel ame macet, berdaya bareng-bareng
Air kudu bersih, berdaya bareng-bareng
Udara seger, berdaya bareng-bareng
Birokrat jujur, berdaya bareng-bareng
Sejahtera, berdaya bareng-bareng
Jakarta berdaya bareng-bareng
Kite dukung nyok, bareng-bareng
Faisal-biem calon gubernur
Faisal-Biem, berdaya bareng-bareng

2 comments:

rusydi hikmawan said...

pertamax, kawan. mau baca dulu

siswanto said...

pertamax gan. matur nuwun