Sunday, August 23, 2009

Tentang Kebebasan

Aku punya kebebasan mutlak atas diriku
Bebas menentukan arah hidupku
Bebas memilih apa yang ingin kukejar
Bebas memastikan cara untuk memilih dan menentukan kehidupanku
Karena aku sadar bahwa kebebasan sudah menjadi kutukan bagi diriku
Maka aku dapat melepaskan semua ikatan-ikatan yang membelengguku
Ikatan itu ialah keberadaan orang lain
Orang lain tidak dapat mengikatku sama sekali
Orang lain tidak dapat membebaniku dalam pengertian mengekang pilihanku
Aku bebas melakukan segala hal yang menurut sudut pandangku adalah terbaik bagiku
Karena akulah yang menjalani kehidupanku
Maka aku akan mengeluarkan semua orang lain yang ada dalam diriku yang mengikatku itu
Pribadiku terbuka. Tetapi pribadiku dapat pula kututup bagi pribadi-pribadi lain yang sekiranya membebaniku
Beban itu telah membatasi kebebasanku
Beban yang berupa keberadaan orang lain itu telah menyiksaku
Kukeluarkan mereka dari jiwaku
Tapi, ada satu hal yang menjadi kunci kebebasanku. Kesadaranku akan kebebasan juga menyadarkanku bahwa orang lain sesungguhnya juga punya kebebasan bagi kehidupannya
Orang lain bebas seperti kebebasan yang jadi kutukanku
Dan hanya kesadaran semacam itulah yang dapat membatasiku
Aku dengan kebebasanku, dan orang lain dengan kebebasannya

Kemayoran, Minggu 9 Agustus 2009

No comments: