Thursday, January 19, 2012

Ingin Tahu Yang Keren Di Perpustakaan Amerika?

PERPUSTAKAAN? Mendengar kata itu, mungkin ada di antara teman-teman yang langsung mengantuk. Perpustakaan! Sudah terbayang ada apa saja di sana. Tumpukan buku yang sudah usang, sunyi, sepi dan lain sebagainya. Itu wajar.  Tapi begini, ada yang menarik nich. Mungkin setelah kita mengikuti acara yang satu ini, perspektif tentang sebuah perpustakaan berubah :)

https://twitter.com/#!/atamerica
Acara apa ya? Ini dia. Nama acaranya Library Trends in America yang diselenggarakan Pusat Kebudayaan Amerika Serikat, @atamerica, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2012, siang ini, pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB. Ngomong-ngomong sudah tahu, kan, tempatnya. Bila belum tahu, ini dia lokasinya, Mall Pacific Place (@pacificplace) Lt. 3 #325 (Sebelah ATM BCA/ toko elektronik Best Denki), Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Pusat.

Jadi, dalam acara siang hari ini yang merupakan rangkaian dari perayaan satu tahun Pusat Kebudayaan Amerika Serikat pertama di dunia yang akan diselenggarakan hingga 5 Februari 2012 mendatang, kita diharapkan dapat mengetahui banyak hal, misalnya tentang bagaimana sesungguhnya tren perpustakaan. Menarik bukan!

Siapa yang akan jadi pembicara dalam rangkaian #AtamericaAnniversary ini. Dia adalah Myra M. Brown. Selain memaparkan tentang tren perpustakaan di Amerika, pustakawan ini juga akan menjelaskan apa saja teknologi yang digunakan di perpustakaan Amerika Serikat agar dapat melayani berbagai komunitas masyarakat di negaranya.

Kemudian, Myra juga akan menjelaskan bagaimana peran pustakawan di sana. Pokoknya, dari acara ini, kita diharapkan dapat mempelajari dan memahami semua perkembangan terbaru dalam dunia perpustakaan. Seru!

Saking tertariknya dengan manfaat acara seperti ini, seorang teacher at SMKN 27 Jakarta, Dewi Kasiyani, mengungkapkan dalam akun facebook atamerica begini: "wish you sent the invitation to schools in jakarta, I believe this is very important for the school and the library...;)"

Jadi tidak sabar, nih. Semoga pengetahuan yang ditransfer Myra ini dapat menambah wawasan para pustakawan di Indonesia sehingga bila memungkinkan dapat dikembangkan di Tanah Air. Dengan demikian, perpustakaan-perpustakaan kita, khususnya universitas atau sekolah menjadi menarik. Nah, teman-teman yang sebelumnya ngantuk dengar kata perpustakaan, lalu menjadi sumringah!

Berhadiah

Semua kegiatan di Pusat Kebudayaan Amerika, #atamerica, selama #AtamericaAnniversary berlangsung gratis. Bahkan, selain dapat menikmati sajian makanan dan mengetes berbagai fasilitas berteknologi tinggi yang disediakan pusat kebudayaan ini, teman-teman juga dapat memenangkan berbagai hadiah menarik. Antara lain, iPad 2 sebagai hadiah utamanya! Nah, untuk mendapatkan hadiah ini, silahkan pelajari tata caranya di link berikut ini ya http://www.atamerica.or.id/contest/449/Anniversary-Celebration-Drawings

Seperti telah dituliskan di blog ini sebelumnya,  perayaan ulang tahun cultural center yang lahir pada 1 Desember 2010 ini dibuka mulai Sabtu 14 Januari 2012. Perayaan diluncurkan langsung oleh Duta Besar AS Scot Marciel dengan didampingi Koordinator Biro Program Informasi Internasional, Deplu (Departemen Luar Negeri) AS, Dawn McCall, dari Washington, DC.

Oh ya, Pusat Budaya Amerika Serikat ini memiliki website supaya semakin banyak masyarakat Indonesia  yang bisa mengakses ragam aktivitasnya, terutama dalam hal kerjasama pendidikan. Namanya www.atamerica.or.id. Selain itu teman-teman juga bisa bergabung di twitternya, yaitu @atamerica sehingga bisa saling berkomunikasi. Khusus selama perayaan hari ulang  ini, biasanya pakai hastag #atamerica #AtamericaAnniversary

Satu lagi yang tidak boleh lupa agar teman-teman semua tahu. Ada apa saja sih selama #AtamericaAnniversary berlangsung? OK. Silahkan ya berkunjung ke kalender berikut >>  http://www.atamerica.or.id/events/calendar

Bacaan terkait:
Pusat Budaya Amerika Rayakan Ultah
Cerita Seru Dari @atamerica
Ada Apa Hari Kedua Ultah Pusat Budaya AS?

4 comments:

JIMMY said...

sayang banget yaa perpustakaan Indonesia jarang ada yang minta karena bosen dengan lingkungan perpustakaannya.. coba bisa canggih kyk di AS

Salam blogwalking Alasan Pelangi Melengkung

Siswanto said...

salam bang Jimmy. meluncur.

Stupid monkey said...

semoga saja pihak yang berkaitan dengan hal ini, seperti perpustakaan nasional, bisa belajar dari sini ya sob, soalnya pecandu perpus kehitung lho, nice info sob ;)

Siswanto said...

betul sob. semoga jadi sama sama belajar ya. meluncurrrrr