Sunday, January 15, 2012

Ada Apa Hari Kedua Ulang Tahun Pusat Budaya Amerika?

HARI ini, Minggu 15 Januari 2012, adalah hari kedua perayaan ulang tahun Pusat Kebudayaan Amerika Serikat atau yang dikenal sebagai @atamerica di Jakarta. Teman-teman semua tentu ingin mengetahui apa saja agendanya? Yang jelas, perayaan yang akan diselenggarakan hingga 5 Februari 2012 mendatang ini tak kalah seru dengan hari pertama.
(@atamerica)
Di hari pertama perayaan ulang tahun Pusat Kebudayaan Amerika Serikat, Sabtu 14 Januari 2012, hiburannya sangat meriah dengan didukung, antara lain penyanyi Glenn Fredly (@glennfredly) Hari ini pun demikian. Acaranya dirancang sangat ramai dan berlangsung seharian penuh. Acara dibuka dengan penampilan The Soul Doctors) yang membawa nuansa folk di . Setelah usai, berikutnya diisi acara bincang-bincang bersama Ibu Robin pada pukul 11.00 WIB hingga 12.30 WIB.  Tentu teman-teman yang hari pertama sudah berkunjung ke Pusat Kebudayaan Amerika Serikat sedikit telah mengenal Ibu Robin. Karena beliau juga hadir. Ia seorang bidan. Asalnya Amerika Serikat. Kini ia menetap di Bali. Namanya makin sohor setelah digelari pahlawan oleh stasiun televisi internasional CNN, yakni "2011 CNN Hero of the Year."

Di Bali, pemilik akun twitter @iburobin ini mendirikan Yayasan Bumi Sehat pada 1995. Kegiatan lembaga ini, antara lain memberi kontribusi kepada para ibu rumah tangga yang melakukan persalinan. Tak hanya di Bali, aktivitas yayasan yang dibina Ibu Robin ini juga sampai ke Aceh, sejak pasca bencana tsunami Aceh.
Ibu Robin (http://www.bumisehatbali.org/)
Nah, tentu saja masih banyak sisi-sisi menarik dari sosok Ibu Robin. Maka itu, untuk mengenal lebih jauh lagi tentangnya, teman -teman silahkan datang dan bertanya langsung saja ke beliau siang ini, ya. "I am at , Pacific Place, from 10:30-12:30 today. Please join us for a talkshow on gentle birth," kata Ibu Robin melalui akun twitternya.

Teman-teman sudah tahukan alamat lengkap Pusat Kebudayaan Amerika Serikat di Jakarta, yakni berlokasi di Mall Pacific Place (@pacificplace) Lt. 3 #325 (Sebelah ATM BCA/ toko elektronik Best Denki), Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Pusat.

Setelah  berbincang-bincang dengan Ibu Robin, pada pukul 14.00 WIB, teman-teman bisa bertemu duo musisi berbakat Indonesia.  Siapa mereka?  Mmmmm… Tunggu dulu. Teman-teman tahu lagu ini? "The New Beginning," "Nowhere To Go," "Real Live,"  dan "Look What We've Found."

Yah, inilah dia Endah N Rhesa. Nama lengkap personilnya Endah Widiastuti yang bermain vokal dan gitar. Dan suaminya Rhesa Aditya yang bermain bass.

Endah N Rhesa yang memiliki akun twitter @endahNrhesa akan berkolaborasi dengan The Student Loan di acara nanti. Jadi, teman-teman bisa berbincang-bincang dengan mereka semua. Siapa sih The Student Loan? Mereka merupakan kelompok musik sohor di Amerika. Teman-teman, pasti sudah ada yang tahu. Kan, di hari pertama perayaan ulang tahun Pusat Kebudayaan Amerika Serikat, #AtamericaAnniversary, mereka sudah manggung untuk memanjakan telinga yang suka musik Country Roads.
The Student Loan (@atamerica)
Boleh juga diceritakan sedikit di sini. Kelompok music ini dibentuk tahun 2005. Menurut penjelasan di timeline @atamerica, The Student Loan telah melakukan tur keliling dunia untuk memperkenalkan aliran musik Bluegrass yang unik milik mereka. Musik Bluegrass adalah aliran musik dari Amerika dan sub genre musik Country. Secara tradisional dimainkan dengan alat musik petik.

#AtamericaAnniversary  hari kedua bakal berlangsung hingga malam hari. Pada pukul 19.00 WIB, teman-teman masih akan dapat menyaksikan penampilan Wagon Band.

Pokoknya perayaan ulang tahun Pusat Kebudayaan Amerika Serikat dijamin seru.  Silahkan datang. Semua kegiatan di Pusat Kebudayaan Amerika, #atamerica, selama #AtamericaAnniversary berlangsung gratis. Bahkan, selain dapat menikmati sajian makanan dan mengetes berbagai fasilitas berteknologi tinggi yang disediakan Pusat Kebudayaan Amerika Serikat ini, teman-teman juga dapat memenangkan berbagai hadiah menarik. Antara lain, iPad 2 sebagai hadiah utamanya! Nah, untuk mendapatkan hadiah ini, silahkan pelajari tata caranya di link berikut ini ya http://www.atamerica.or.id/contest/449/Anniversary-Celebration-Drawings

(@atamerica)
Seperti telah dituliskan di blog ini sebelumnya,  Perayaan Ulang Tahun Pusat Kebudayaan Amerika Serikat pertama di dunia milik Amerika Serikat di Jakarta yang lahir pada 1 Desember 2010 ini dibuka mulai Sabtu 14 Januari 2012. Perayaan diluncurkan langsung oleh Duta Besar AS Scot Marciel dengan didampingi Koordinator Biro Program Informasi Internasional, Deplu (Departemen Luar Negeri) AS, Dawn McCall, dari Washington, DC.

Oh ya, Pusat Kebudayaan Amerika Serikat ini memiliki website supaya semakin banyak masyarakat Indonesia  yang bisa mengakses ragam aktivitasnya, terutama dalam hal kerjasama pendidikan. Namanya www.atamerica.or.id. Selain itu teman-teman juga bisa bergabung di twitternya, yaitu @atamerica sehingga bisa saling berkomunikasi. Khusus selama perayaan hari ulang  ini, biasanya pakai hastag #atamerica #AtamericaAnniversary :)

Bacaan terkait:
Pusat Kebudayaan Amerika Rayakan Ulang Tahun
Cerita Seru dari @atamerica

2 comments:

Aris Jauhari said...

Jadi heran juga, memangnya amerika punya budaya? “America is the only country that went from barbarism to decadence without civilization in between.” (Oscar Wilde), :-)

Siswanto said...

hahayyy kritis banget bang aris :)