Tuesday, September 20, 2011

Ada yang Suka, Ada yang Marah

* Laporan Dyah Ratna Meta
  Republika, akhir April 2011

AWALNYA, ikut-ikutan teman. Sekarang, Siswanto mengaku ketagihan ngeblog ria. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Paramadina Jakarta ini malah sudah tak bisa lepas dari blog.

Bagi dia, blog adalah media yang bebas dan membebaskan. Di sana dia bisa menulis apa saja yang tak mungkin dimuat di media massa. Entah itu menulis puisi, cerpen, curhat sendiri, atau curhat teman-temannya. "Intinya, dengan blog kita bisa menulis dengan bebas tidak terbatas kriteria-kriteria tertentu seperti dalam media," ujarnya.

Di kalangan para pekerja media, blog pria yang berprofesi sebagai wartawan ini cukup populer. Blognya, www.singkatcerita.blogspot.com, berisi kritik terhadap perilaku awak media di lapangan.

Tanpa bermaksud menyinggung siapa pun, alumnus Jurusan Komunikasi Universitas Bung Karno Jakarta ini memilih untuk memakai gaya bahasa yang penuh canda untuk melontarkan kritik itu. "Isi kritik itu, misalnya, soal perilaku oknum wartawan yang memeras narasumber untuk mendapatkan uang besar," katanya.

Ada juga berbagai peristiwa lucu dan unik yang terjadi saat liputan. Banyak teman-temannya yang . berprofesi sebagai wartawan yang tertarik untuk membagikan kisah-kisah mereka saat liputan, lalu minta kisahnya dituliskan dalam blog. Namun, ada juga temannya yang menuliskan kisahnya sendiri, baru dieditnya.

Sebagian teman Siswanto merasa senang dan terhibur dengan cerpen-cerpen dalam blognya. Namun, ada juga teman yang marah karena dia merasa tersinggung dengan kritikan-kritikannya melalui cerpen tersebut. Dia merasa tidak perlu ada kritik, karena setiap orang itu berhak memilih jalannya masing-masing," katanya.

Dalam menghadapi kemarahan temannya, Siswanto cenderung santai, bahkan mengajak bercanda temannya yang marah. Di blognya, dia hanya ingin mengabadikan kisah-kisah unik pekerja media agar kisah mereka tidak hilang begitu saja. "Saya tidak bermaksud menyakiti siapa pun," katanya.

Saat ini Siswanto pun berniat untuk membukukan isi blognya. Dia pun semangat mengumpulkan lebih banyak cerita agar isi bukunya mengandung cerita yang lebih seru dan mengasyikkan. "Saat ini sudah terkumpul 130 cerita. Rencananya, saya akan mengumpulkan 200 cerita untuk dibukukan," katanya.

Wajah Siswanto pun makin cerah lantaran blognya juga mendapatkan penghargaan saat mengikuti lomba Internet Sehat Blog Award 2010. "Saya senang karena ternyata blog ini masuk kategori blog favorit yang disukaibanyak orang."

2 comments:

Said Arsyad said...

wah, memang kalo udah kecanduan blog.. udah lupa daratan deh..

siswanto said...

sama dong Said, kita lelaki lupa daratan hahhaa just joke, bro