Thursday, September 22, 2011

VIVA Bloggers Kopdar?

SEBAGAI orang yang hobinya menulis rupa-rupa topik di halaman blog, kehadiran kanal VIVAnews Blog atau yang kita kenal sebagai Vlog ini, bagi saya yang sekarang sedang kuliah, sangat menyenangkan sekali.  Menghibur dan menantang. Apalagi sekarang lagi ada lomba blog unik dan lucu yang diselenggarakan VIVAnews bekerjasama dengan XL.

Mengapa saya sebut menyenangkan, menghibur, dan menantang? Pertama, karena Vlog ini berhasil memfasilitasi teman-teman yang hobi nge-twitter, facebook, nge-blog, khususnya saya sendiri, untuk  mempublikasikan karya, baik itu tulisan, gambar, maupun foto secara mudah di media nasional.  Walau tentu saja, sebelum masuk Vlog, harus lulus persyaratan dulu, misalnya karya kita tidak copas (copy paste) milik orang lain.


Kedua, banyak teman yang mengakui, termasuk saya sendiri, kehadiran Vlog ikut mendongkrak jumlah pengunjung blog. Yang tadinya blog hanya dikunjungi sendiri atau beberapa orang, kini sudah banyak orang. Secara tidak langsung juga, fenomena ini membikin para pemilik blog yang tadinya malu-malu memposting karyanya, sekarang jadi termotivasi.

Ketiga, banyak teman blogger yang mengatakan kepada saya, kehadiran Vlog ternyata memberi pengaruh besar pada kreativitas berkarya. Teman-teman yang tadinya loyo, kini jadi semangat terus dalam menulis. Yang tadinya kering ide untuk ditulis, kini apa saja sepertinya bisa jadi bahan tulisan. Hahayyy.. Bahkan, ada yang sampai tulisannya selalu mengkritisi kebijakan pemerintah. “Sesuatu banget” (gaya Syahrini). hehehe

Keempat, ini yang penting. Para penulis blog yang tadinya tidak kenal, kini sebagian sudah saling kenal satu sama lainnya. Ada teman yang senang sekali karena sahabatnya bertambah. Jumlah followers blognya semakin meningkat. Artinya, keberadaan kanal Vlog di salah satu media online terbesar di Tanah Air ini telah memfasilitasi persahabatan sesama blogger Indonesia.

Kelima, karena setiap hari para penulis blog memperhatikan postingan teman-teman lain di Vlog, akhirnya jadi tahu spesialisasi tulisan masing-masing. Ada yang hobi nulis IT, kesehatan, pendidikan, guyonan (seperti blog saya ini www.singkatcerita.blogspot.com), persahabatan, cinta, keagamaan, politik, hukum, dan lain sebagainya. Ada juga yang suka menulis rupa-rupa masalah dalam satu blognya. Very interesting.

Ada yang asyik, karena sudah tahu spesialisasi blog, ada teman yang curhat tentang masalahanya di blog itu. Ia berharap mendapatkan solusi karena tahu pemilik blog ini memahami masalahnya. Sebagai contoh, ada yang tanya soal bagaimana supaya kita jadi kreatif menulis, ada yang tanya soal bagaimana mengubah blog supaya menjadi artistik, ada yang tanya soal bagaimana mendesain facebook atau twitter, dan sebagai-sebagainya.

Hehehe.. Vlog memang menghadirkan banyak sisi positif. “Alhamdulillah yach” (gaya Syahrini lagi). Nah, saya sebagai pecinta blog, belakangan jadi berpikir.  Melihat keakraban yang terbangun di sosial media ini, mungkinkah suatu hari nanti, para blogger di Vlog ini akan kopdar.  Ini cuma dipikiran saja ya teman-teman. Uneg-uneg saya, begitulah.

Rasanya akan sangat menyenangkan kalau kita kumpul di suatu tempat. Kita bisa saling berbagi ilmu. Terutama ilmu dari teman-teman yang produktif menulis blog dan selalu dimuat di Vlog. Apa ya rahasianya? Hehehe.. Bahkan, ada teman-teman yang tulisannya selalu nongol di blog terpopuler juga lho. Wadoowww. Keren. Kita harus mencuri ilmunya. Wkwkkw..

OK temans. Mungkin ada yang ingin menanggapi ide kopdar itu? Silahkan urun rembug ya. Salam 86. : )









6 comments:

Andy said...

Kalau saya tidak begitu produktif submit di vlog karena saya menulis kalau tangan saya ingin menulis,jika sedang tidak ingin menulis jangan di paksakan karena hasilnya akan jelek,hehe
Kalau kopdar enakan di GBK tuh,hehehe

Siswanto said...

hwhwhw sama dong. menulis kalau pengen. boleh tu bro Andi, GBK. Tp blm ada yang respon lagi neh.

Galuh Parantri said...

Kopdar ya di Epicentrum aja.. Kalo di GBK mah main bola mas... :))

Kalo uda terlaksana, saya jgn lupa dikabari yaa

Siswanto said...

Siap! Mudah2an yang berminat banyak ni dari temen2 Vlog Bloggers. Sebarkan infonya yak....

Mukti Effendi said...

Bagus juga idenya. sayang saya jauh di banjarmasin. kapan kapan adain dong di banjarmasin

Siswanto said...

siaaap. yuk direalisasikan... )