Monday, August 9, 2010

“Kimak, Hanye Dua Puloh Ribu Jak, Ape Can”

DI SALAH SATU HOTEL di kota khatulistiwa berlangsung acara ramai. Waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB. Tibe-tibe ade masuk SMS ke HP seorang wartawan muda. Isinya: ‘wak ade acara konpers soal gizi burok. Cepetlah wak merapat, dah mou mulai neh.’

Meluncurlah si wartawan muda ini ke hotel tak lama setelah terima SMS. Setelah sampai di hotel itu, ternyata wartawan sudah banyak yang datang, mulai yang tua sampai yang muda.

Saling pandang pun terjadi begitu wartawan muda masuk ke salah satu ruang, karena ade yang kenal maupun tidak. Soalnye orang neh jarang sekali kelihatan, terkecuali ade acare seminar alias acara ‘basah’ saja mereka datang. Selebihnya tak pernah.

Di sekitar wartawan muda, bisikan mulai terdengar, “wak...wak...ade rembang patinye (amplop) neh besak.” Make yang dengar bisikan pun mulai kegirangan. “Ahay. Muantap wak, kite bise peste malam neh.”

Tak lama setelah itu, seorang panita pun mulai menghampiri para wartawan. “Oke...kawan-kawan wartawan semuenye diharap isi buku tamu yeh. Soalnye nanti ade lah uang bantuan untuk bensin atau transport.”

Make para wartawan pun senyum-senyum gembiranya minta ampon. Sesudah isi buku tamu itu, make para wartawan pun mulai masuk ruang seminar soal gizi burok di salah satu daerah di Kalimantan Barat.

Maka acara pun dimulai sampai empat jam. Setelah acara selesai, maka panitiapun mulai memanggil para wartawan. “Bang..bang....ini loh...janji yangg saye omongankan tadi. Ini ade sedikit sumbangan dana bantuan untuk transport, jumlahnya ya adelah.”

Maka si wartawan itu tadi makin suke kegirangan. Suare tertawa keras pun terdengar. “Mantap wak.”

Setelah pembagian amplop itu tadi, maka para wartwan pun mulai membuka masing-masing amplop. Ade yang pura-pura ke toilet, ade pula yang membuka dalam tas mereka masing-masing.

Yang pergi ke toilet ternyata buru-buru sekali. Saking gak sabarnya, maka si amplop pun cepat-cepat dibuka di dalam toilet. Tapi, betapa terkejutnya salah satu wartawan tua itu, ternyata hanya ade uang sebesar Rp20.000.

Uangnya itu sudah sobek lagi kusam. Maka si wartawan itu pon teriak. “Kimak hanye dua puloh ribu jak, ape can.”

Lalu, iapun berlari menghampiri wartawan lainya. Setelah dicek ternyata emang berbeda. Wartawan lain, bahkan ade yang isi amplopnya Rp15.000. Bahkan ade yang Rp2.000.

Setelah itu si wartawan pun pada protes same panitie acare. “Ini tak bise neh. Ini gak sesuai. Same jak ngolok,” kata salah satu di antaranya.

“Emang kite ini ape,” kata wartawan lainnya.

Maka si wartawan pun berbondong-bondong protes ke panitie... Setelah di cari panitienye, ternyata sudah pada pulang. Semakin kecewalah para wartwan bodrek itu tadi.

“Ya udal wak, emang udah naseb dah dapat Rp2.000 jak. Cukoplah tuk beli bakwan,” celetuk kawan waratwan bodrek itu tadi.

Wajah sedih, lemah pun terpancar dari muka mereka itu tadi. “Dah lah yeh, bagos kite nyari agik yang lainye. Mungkin ade gak yang lebih besak rembang patinye.”

Melihat pemandangan itu, si wartawan muda hanya bisa geleng-geleng kepala saja. Tak habis pikir lihat wartawan bodrek itu tadi pada pusing tujuh keliling.

No comments: